Lingkungan Pendidikan Dalam Perspektif Islam "Perlu diketahui"
Related
LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM
PERSPEKTIF ISLAM
1. Penting!
"Lihat Rumusan Masalah lalu langsung ke pembahasan!"
2. Rumusan Masalah
1.
Pengertian lingkungan pendidikan dalam perspektif Islam ?
2. Apa macam-macam
lingkungan dalam pendidikan Islam?
3. Apa pengaruh
lingkungan pendidikan dalam perspektif islam ?
4. Apa lembaga
pendidikan Islam ?
5. Tujuan
Lembaga Pendidikan Islam ?
BAB II
LANDASAN TEORI
11. Pendidikan Islam
Menurut Drs.
Ahmad D. Marimba Pendidikan Islam yaitu bimbingan jasmani, rohani berdasarkan
hukum-hukum agama islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut
ukuran-ukuran islam. Dengan pengertian yang lain seringkali beliau menyatakan
kepribadian utama tersebut dengan istilah yaitu kepribadian yang memiliki
nilai-nilai agama islam, memilih dan memutuskan serta berbuat berdasarkan
nilai-nilai islam, dan bertanggung jawab sesuai dengan nila-nilai islam.
Tim penyusun buku teks ilmu pendidikan islam
mengemukakan bahwa pendidikan islam adalah pembentukan kepribadian muslim.
Lebih lanjut mereka menyatakan bahwa dari satu segi kita melihat bahwa pendidikan
islam itu lebih banyak ditujukan kepada perbaikan sikap mental yang akan
terwujud alam amal perbuatan, baik bagi keperluan diri sendiri, maupun oranglain.
Disegi lainnya pendidikan islam tidak hanya bersifat teoritis saja, tetapi juga
praktis.[1]
22. Lingkungan Pendidikan
Lingkungan merupakan salah satu faktor dan faktor-faktor pendidikan yang
ada. Dengan demikian alam sekitar merupakan faktor penting pula bagi
pelaksanaan pendidikan. Namun demikian faktor alam sekitar jelas berbeda
apabila dibandingkan dengan faktor pendidik. Kedua faktor pendidikan ini di
akui ada persamaannya yaitu keduanya mempunyai pengaruh kepada pertumbuhan,
perkembangan dan tingkah laku anak. [2]
BAB III
PEMBAHASAN1. Pengertian Lingkungan Pendidikan Perspektif Islam
Lingkungan merupakan sesuatu yang berada di luar diri anak dan mempengaruhi
perkembangannya. Menurut Sartain (seorang ahli psikologi Amerika) , bahwa
lingkungan sekitar meliputi kondisi dalam dunia yang mempengaruhi tingkah laku
manusia, pertumbuhan dan perkembangan manusia. Sedangkan Menurut Milieu, yang
dimaksud lingkungan ditinjau dari perspektif pendidikan Islam adalah sesuatu
yang ada disekeliling tempat anak melakukan adaptasi, meliputi:
1. Lingkungan alam, seperti udara, daratan, pegunungan, sungai, danau,
lautan dan lain sebagainya.
2. Lingkungan sosial, seperti keluarga, sekolah, dan
masyarakat. [3]
Menurut Drs.
Ahmad D. Marimba Pendidikan Islam yaitu bimbingan jasmani, rohani berdasarkan
hukum-hukum agama islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut
ukuran-ukuran islam. Tim penyusun buku teks ilmu pendidikan islam mengemukakan
bahwa pendidikan islam adalah pembentukan kepribadian muslim. Dari pernyataan
diatas pendidikan dalam perspektif Islam adalah bimbingan yang dilakukan oleh
seorang yang sudah dewasa kepada siswa atau orng yang di didik dalam masa
pertumbuhan agar ia memiliki kepribadian muslim.[4]
Dengan
demikian dapat diambil kesimpulan Lingkungan Pendidikan Perspektif Islam adalah lingkungan
sekitar meliputi kondisi dalam dunia yang mempengaruhi tingkah laku manusia,
pertumbuhan dan perkembangan manusia yang dipengaruhi oleh orang yang sudah
dewasa (pendidik) kepada anak didik (orang yang belum dewasa) yang bersifat
islami.
2. Macam-macam Lingkungan dalam Pendidikan Islam
Menurut Drs. Abdurrahman Saleh, ada tiga macam
pengaruh lingkungan pendidikan terhadap keberagamaan anak, yaitu :
a)
Lingkungan yang acuh tak acuh
terhadap agama.
Lingkungan semacam ini adakalanya berkeberatan
terhadap pendidikan agama, dan adakalanya pula agar sedikit tahu tentang hal
itu.
b)
Lingkungan yang berpegang kepada
tradisi agama tetapi tanpa keinsyafan batin.
Biasanya lingkungan demikian menghasilkan anak-anak
beragama yang secara tradisional tanpa kritik atau beragama secara kebetulan.
c)
Lingkungan
yang memiliki tradisi agama dengan sadar dan dalam kehidupan agama.
Lingkungan ini memberikan motivasi yang kuat kepada anak untuk memeluk dan
mengikuti pendidikan yang ada. Apabila lingkungan ini diitunjang dengan
pimpinan yang baik dan kesempatan yang memadai, maka kemungkinan besar hasilnya
pun baik pula.
Dari uraian tersebut, lingkungan pendidikan dapat
dibedakan mejadi tiga macam :
1) Pengaruh lingkungan positif, yaitu lingkungan yang memberikan dorongan
atau motivasi dan rangsangan kepada anak untuk menerima, memahami, meyakini
serta mengamalkan ajaran Islam.
2) Pengaruh lingkungan negatif, adalah lingkungan yang menghalangi anak
untuk menerima, memahami, meyakini dan mengamalkan ajaran Islam.
3)
Lingkungan netral, adalah lingkungan yang tidak memberikan dorongan untuk
meyakini atau mengamalkan agama, dan juga tidak melarang anak-anak untuk
meyakini dan mengamalkan ajaran Islam.
3. Pengaruh Lingkungan Pendidikan Dalam Perspektif Islam
Pengaruh lingkungan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
a. Pengaruh
lingkungan positif
b. Pengaruh
lingkungan negatif
c. Lingungan
netral
Pengaruh
lingkungan positif yaitu lingkungan yang memberikan dorongan atau memberikan
motivasi dan rangsangan kepada anak untuk menerima, memahami, meyakini, serta
mengamalkan ajaran Islam. Sedangkan pengaruh lingkungan negatif yaitu
lingkungan yang menghalangi atau kurang menunjang kepada anak untuk menerima,
memahami, meyakini, serta mengamalkan ajaran Islam. Dan lingkungan netral ialah
lingkungan yang tidak memberikan memberikan dorongan untuk meyakini atau
mengamalkan agama, demikian pula tidak melarang atau menghalangi anak-anak
untuk meyakini dan mengamalkan ajaran Islam.lingkungan ini apatis, masa bodoh
terhadap keberagaman anak-anak. [5]
4.
Lembaga Pendidikan Islam
1) Keluarga
Keluarga adalah ikatan laki-laki dengan perempuan berdasarkan hukum
perkawinan yang sah. Di dalam keluarga ini lahirlah anak-anak dan di sinilah
terjadinya interaksi pendidikan. Keluarga merupakan pendidikan pertama dan
utama karena di lingkungan inilah anak mendapatkan pendidikan untuk pertama
kalinya.
Pada
tahun-tahun pertama, orangtua memegang peranan utama dan memikul tanggung jawab
pendidikan anak. Kasih sayang orangtua yang tumbuh akibat dari hubungan darah,
mempunyai arti yang sangat penting bagi pertumbuhannya. Kekurangan kasih sayang
orangtua menyebabkan anak keras kepala, sulit diatur dan mudah memberontak. Dan
jika kasih sayang dari orangtua berlebihan dapat menjadikan anak manja, penakut
dan sulit untuk hidup mandiri. Oleh karena itu, orangtua harus pandai dan tepat
memberikan kasih sayang kepada anaknya, jangan kurang dan jangan pula lebih.
Allah berfirman :
يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا
“Hai
orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari siksa api
neraka”. (Qs. Ar-Tahrim:6).
Keluarga yang ideal adalah keluarga yang mau memberikan dorongan yang kuat
kepada anaknya untuk mendapatkan pendidikan agama. Adapun keluarga yang acuh
dan tidak taat menjalankan agama, tidak akan memberikan dorongan kepada anaknya
untuk mempelajari agama bahkan melarang anaknya mempelajari agama.
Setelah memasuki masa kanak-kanak,
lingkungannya sudah semakin luas. Selain dari ayah bundanya, keluarga-keluarga
lain pun telah memegang peranan. Kasih sayang yang seperti yang diterima dari
ibu-bapaknya, tidak akan diperoleh dari keluarga-keluarga yang lain.
2) Sekolah (Madrasah)
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang sangat penting sesudah keluarga.
Semakin besar anak, semakin besar kebutuhannya. Karena keterbatasanya, orangtua
tidak mampu memenuhi kebutuhan anak tersebut. Oleh karena itu,orangtua
menyerahkan sebagian tanggung jawabnya kepada sekolah.
Sekolah merupakan lembaga pendidikan
yang melaksanakan pembinaan, pendidikan, pengajaran dengan sengaja, teratur dan
terencana. Pendidikan yang berlangsung di sekolah bersifat sistematis,
berjenjang, dan dibagi dalam waktu-waktu tertentu yang berlansung dari taman
kanak-kanak sampai perguruan tinggi.
Telah diakui berbagai pihak bahwa
peran sekolah bagi pembentukan kepribadian anak sangat besar. Sekolah telah membina
anak tentang kecerdasan, sikap, minat dan lain sebagainya.
Lingkungan sekolah yang positif terhadap pendidikan islam, yaitu lingkungan
sekolah yang memberikan fasilitas dan motivasi untuk berlangsungnya pendidikan
agama islam. Lingkungan sekolah demikian inilah yang mampu membina anak rajin
beribadah, berpandangan luas, dan berdaya nalar kreatif.
Sedangkan lingkungan sekolah yang netral dan kurang menumbuhkan jiwa anak
untuk gemar beramal, justru menjadikan anak jumud, picik dan berwawasan sempit sehingga
menghambat pertumbuhan anak. Lingkungan sekolah yang negatif terhadap pendidikan
agama yaitu lingkungan sekolah yang berusaha untuk meniadakan kepercayaan agama
di kalangan anak didiknya.
3) Tempat
Ibadah
Yang dimaksud tempat ibadah yaitu seperti musholla, masjid dan sebagainya.
Oleh umat islam, tempat ini biasanya dalam bentuk madrasah diniyah. Dan juga
sering diadakan pengajian-pengajian umum seperti untuk peringatan hari-hari
besar islam, tabligh akbar, diskusi, dan seminar.
4) Masyarakat
Organisasi-organisai yang tumbuh di dalam masyarakat banyak, antara lain :
1.
Pnaduan, (kepramukaan).
2.
Perkumpulan-perkumpulan kepemudaan
seperti perkumpulan mahasiswa, pelajar (HMI, PMII, PII, IPNU, IPPNU, ANSAR, dan
sebagainya )
3.
Perkumpulan-perkumpulan olahraga dan
kesenian.
4.
Perkumpulan-perkumpulan sementara
seperti panitia penolong korban bencana alam dan sebagainya.
5.
Perkumpulan (Club-club) pengajian
atau diskusi, seperti majlis ta’lim dan sebagainya.
6.
Perkupulan koprasi, dan lain-lain.
Organisasi-organisasi tersebut mendasarkan diri pada
agama dn mempunyai pengaruh positif bagi kehidupan keagamaan.[6]
5.
Tujuan
Lembaga Pendidikan Islam
Tujuan lembaga pendidikan Islam adalah
berusaha untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dengan menggunakan berbagai
media yang relevan dengan tujuan dan situasi. Medianya adalah melalui penyelenggaraan
pendidikan islam, karena penyelenggaran pendidikan dipandang sebagai media yang
paling efektif untuk dapat menanamkan nilai-nilai keagamaan dan sekaligus untuk
meningkatkan kualitas SDM dalam mencetak kader umat dan bangsa. Diharapkan
dengan penyelenggaraan pendidikan, nilai-nilai keagamaan mereka dapat
dilestarikan dan dikembangkan, SDM mereka dapat ditingkatkan dan akan mampu
mengejar ketertinggalan mereka dari bangsa lain.[7]
BAB IV
PENUTUP
1. KESIMPULAN
Ø Lingkungan
Pendidikan Perspektif Islam adalah lingkungan sekitar meliputi kondisi dalam
dunia yang mempengaruhi tingkah laku manusia, pertumbuhan dan perkembangan
manusia yang dipengaruhi oleh orang yang sudah dewasa (pendidik) kepada anak
didik (orang yang belum dewasa) yang bersifat islami.
Ø Macam-macam
Lingkungan dalam Pendidikan Islam
Menurut Drs.
Abdurrahman Saleh, ada tiga macam pengaruh lingkungan pendidikan terhadap
keberagamaan anak, yaitu :
a. Lingkungan yang acuh tak acuh terhadap agama
b. Lingkungan yang berpegang kepada tradisi agama tetapi tanpa keinsyafan
batin.
c. Lingkungan yang memiliki tradisi agama dengan sadar dan dalam kehidupan
agama.
Ø Pengaruh
lingkungan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :
a. Pengaruh
lingkungan positif
b. Pengaruh
lingkungan negatif
c. Lingungan
netral
Ø
Lembaga
Pendidikan Islam
a. Keluarga
b.
Sekolah atau madrasah
c.
Tempat ibadah
d.
Masyarakat
Ø
Tujuan lembaga pendidikan Islam
adalah berusaha untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dengan menggunakan
berbagai media yang relevan dengan tujuan dan situasi.
[1] Nur
Uhbiyati, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam, (Semarang : Fakultas
Tarbiyah IAIN Wali Songo, 2012), hlm.21
[2]Sudiyono,
Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : PT RINEKA CIPTA, 2009), hlm.298-299
[4]
Ibid,
hlm.24
[5]M.Sudiyono,
Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2009), hlm. 299-300
[6]M.Sudiyono,
Ilmi Pendidikan Islam, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2009), hlm. 301-306
[7]
Ahmad ludjito & Abdurrahman Mas’ud, dkk, Guru Besar Bicara : Mengembangkan
Keilmuan Pendidikan Islam, (Semarang : Rasail Media Group, 2010), hlm.
295-296
bagus
ReplyDeleteCewek paling cantik
sekedar berbagi referensi tentang lingkungan pendidikan islam. silahkan lihat di:
ReplyDeletehttp://pustakailmiah78.blogspot.co.id/2016/02/lingkungan-pendidikan-islam-makalah.html?m=1
salam kenal
sekedar berbagi referensi tentang lingkungan pendidikan islam. silahkan lihat di:
ReplyDeletehttp://pustakailmiah78.blogspot.co.id/2016/02/lingkungan-pendidikan-islam-makalah.html?m=1
salam kenal
mau tidak mau meskipun di cegah tidak akan bisa karena sdh takdir secara umum dunia akan semakin rusak moral dan alamnya
ReplyDelete